Cara Mudah Membuat Tahu Di Rumah

Cara Membuat Tahu
Seperti yang Kita ketahui, Tahu merupakan produk olahan dari kacang kedelai yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh (Sebagai sumber kalsium, memiliki kandungan protein yang tinggi, rendah kolesterol, mengandung banyak zat besi, bisa mengurangi resiko anemia dan memiliki sifat anti kanker).

Tahu sangat populer di negara Kita, Indonesia tercinta dan bahkan populer juga di negara negara Asia lainnya. Tahu adalah produk pangan yang mudah didapat dan bisa dibeli di pasar pasar, supermarket dan di warung.

Jadi bagimana cara mudah membuat Tahu di rumah?
Anda ingin belajar! Mari simak uraiannya berikut ini:

Bahan & Alat
  • 1 Kg kacang kedelai
  • Air
  • 100ml air cuka
  • Panci besar
  • Blender
  • Kain serbet
  • Saringan

Cara Mengolah
  1. Rendam terlebih dahulu kacang kedelai dengan air selama semalam, kemudian remas remas untuk memisahkan kulitnya dan cuci bersih.
  2. Blender kacang kedelai hingga halus dan lembut seperti susu, beri air secukupnya untuk mempermudah penghancuran pada blender.
  3. Setelah selesai, masak kacang kedelai yang sudah halus lembut itu di panci besar hingga mendidih.
  4. Ketika mulai mendidih dan berbusa, segera tambahkan air sedikit demi sedikit sembari kecilkan api kompor.
  5. Jika busa muncul lagi, tambahkan juga air nya lagi, ualngi terus hingga busa habis. dan matikan kompor biarkan dingin.
  6. Saring segera jika rebusan kedelai tadi sudah mulai dingin, saring dan peras menggunakan saringan dan kain serbet untuk memisahkan ampas.
  7. Ambil air hasil penyaringan kemudian rebus kembali dengan api kompor sedang namun tidak sampai mendidih.
  8. Angkat rebusan dari kompor dan masukan cuka lalu aduk sebentar. Diamkan selama 30 menit, biarkan hingga proses pemisahan air dan calon tahu dengan sendirinya.
  9. Siapkan saringan yang dilapisi kain tipis/kain serbet, masukan calon tahu kedalam saringan dilanjutkan dengan menindihnya dengan pemberat hingga air keluar semua. biarkan sekitar 20 menit
  10. Dan pengolahan kacang kedelai menjadi tahu telah selesai, Silakan potong potong tahu buatan Anda sesuai ukuran yang diinginkan.
Semoga bermanfaat ^_^

2 komentar untuk "Cara Mudah Membuat Tahu Di Rumah"