Cantengan, Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah. Begini Cara Mengatasinya!

Cantengan, Pernahkah Anda mengalami kondisi seperti ini? Dimana bagian jempol kaki bengkak dan terasa amat sakit.

Ya, cantengan merupakan kondisi terjadinya pembengkakan di area sudut ujung kaki, biasanya sering dialami jempol kaki yang disebabkan kesalahan dalam merawat kuku (telat potong kuku atau terlalu pendek memotongnya) terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung atau kuku tebal. Sehingga pertumbuhan kuku, bagian sisi kuku menusuk melukai kulit.
Cantengan
Perhatikan gejala awal terjadinya cantengan:
  • Merasakan nyeri dibagian jempol kaki ketika berjalan
  • Sudut ujung jempol kaki menonjol merah/membengkak, dan jika dipegang atau ditekan pelan terasa nyeri
  • Jempol kaki keluar nanah dan berbau tak sedap (gejala infeksi). 

Penyebab utama dari cantengan sebenarnya adalah perawatan kuku yang kurang baik, seperti:
  • Kuku yang dipotong terlalu pendek
  • Potong kuku dengan bentuk yang salah
  • Penggunaan sepatu yang terlalu sempit
  • Kebersihan kaki kurang dijaga
  • Bahkan efek badan gemuk bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya cantengan terutama pada wanita yang sedang hamil (yang kedua kakinya suka membengkak ketika masa hamil)
Pola potong kuku yang baik & benar, lihat gambar dibawah,
Pola potong kuku
Penyebab lain yang bisa memicu terjadinya cantengan adalah kontak fisik, kaki terhadap benda keras. Bisa terjadi dalam keadaan:
  • Jalan kaki melamun atau terburu-buru, secara tidak sadar kaki kesandung batu, kaki menabrak anak tangga dan lainnya
  • Kegiatan Olahraga yang mengandalkan tendangan kaki, seperti sepak bola, boxing dan lainnya
  • Terjadinya kecelakaan transportasi yang mengakibatkan cidera di bagian kuku kaki

Penanganan yang harus dilakukan jika Anda terkena Cantengan
Penanganan pertama yang bisa dilakukan dirumah:
  • Cuci kaki terutama bagian yang sakit, cuci hingga bersih menggunakan air hangat dan sabun. Mulailah rutin untuk menjaga kebersihan kaki.
  • Coba lakukan potong kuku yang menusuk kulit tersebut dengan gunting kuku biasa atau yang lancip. (sebelumnya rendam kaki dengan air hangat dan oleskan minyak zaitun untuk mempermudah potong kuku).
  • Sebagai pereda sakit, Anda bisa konsumsi obat seperti paracetamol
alat perawatan kuku
Lakukan langkah awal seperti di atas hingga kuku yang menusuk bisa terpotong (butuh perjuangan menahan rasa sakit pastinya).
Jika berhasil, Anda bisa mengoleskan krim antibiotik pada jempol yang mengalami cantengan untuk mencegah infeksi. Jangan lupa tutupi perban kasa.

Segera ke dokter jika penanganan pertama tidak dapat dilakukan.

Pengalaman pribadi Admin:

Penanganan oleh dokter, biasanya akan menempuh jalan operasi ringan pada kuku kaki yang menusuk kulit. Ada 2 opsi pilihan yang nantinya dokter ambil, yaitu operasi pencabutan sebagian kuku dan operasi pencabutan seluruh kuku.

Untuk biaya operasi cantengan, jika dilakukan oleh dokter umum di Klinik bianya sekitar 350ribu, dan jika dilakukan oleh dokter spesialis bedah di Rumah Sakit adalah sekitar 1 juta untuk 1 kuku. Biaya operasi tersebut berlaku di wilayah Cirebon pada tahun 2014 - 2015. Untuk peserta BPJS Kesehatan mungkin akan lebih ringan, bahkan semua biaya operasi dicover oleh pihak BPJS Kesehatan.

Jika Anda termasuk yang sedang mengalami cantengan, jangan dibiarkan segera ambil tindakan.

Pencegahan yang mungkin bisa Anda lakukan agar tidak mengalami cantengan,
  • Hindari pemakaian sepatu yang sempit
  • Agar selalu berhati hati dalam beraktifitas
  • Potong kuku sesuai dengan pola yang benar
  • Jangan terlalu pendek dalam memotong kuku
  • Selalu jaga kebersihan kaki

Rawat dan jaga kebersihan anggota tubuh dengan baik dan teratur.
Hidup Sehat adalah kenikmatan yang hakiki dan tidak bisa dibeli oleh uang.
Sehat itu Mahal, jadi tunggu apalagi! Mari hidup sehat

13 Responses to "Cantengan, Jempol Kaki Bengkak dan Bernanah. Begini Cara Mengatasinya!"

  1. Saya dulu pernah mengalami hal seperti ini dan saya obatin dengan minyak tanah, lama2 kumannya mati dan kuku kaki menjadi sehat kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noted Kang, cuma minyak tanah di kampung saya sudah langka.

      Delete
  2. kalo orang tua dulu bilang harus di injak hehehe

    ReplyDelete
  3. Dahulu pernah sampai ada nanahnya. Dengan menahan sakit kukunya saya potong dan alhamdulilah bisa sembuh. Tidak perlu ke dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sesakit apapun cantengan, kalo kuku yang nusuknya itu bisa dipotong kurang dari seminggu juga cepat sembuh. Artikel diatas diatas, berdasarkan pengalaman istri saya. Gak kuat nahan sakitnya kalo dipotong sendiri.

      Delete
  4. Arahan jaga kuku yang sehat
    Rasa sakit jempolku dapat obat
    Kini saya ikuti dengan tepat

    ReplyDelete
  5. dulu sering banget pas masih smp cantengan, apalagi kalo pake sepatu aduh-aduh sakitnya.
    Sekarang sih semenjak belom baca tulisan ini, cantengannya udah sembuh duluan, terimakasih sahabatku
    belom baca aja udah sembuh, apalagi udah baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali,
      Luar biasa, bisa begitu ya😊

      Delete
  6. Replies
    1. Lebih seram lagi jika mengalaminya. Menikmati sakitnya luar biasa.

      Delete
  7. Haha. Sering ngalami saya gan. Motongnya sering kelewat. Suwaaaakit sekali

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel