Apa Bedanya USB 2.0 dengan USB 3.0 ?

USB 2.0 dan USB 3.0
Tahukah Anda di perangkat komputer yang Anda gunakan terdapat 2 versi colokan USB?
Mungkin tidak semua orang sudah mengetahui versi atau generasi dari colokan USB yang ada pada perangkat komputer. Mari Kita simak uraian singkat dibawah ini, Apa itu USB 2.0 dan USB 3.0 :

USB 2.0
Merupakan generasi ke-2 dari USB 1.0 yang memiliki kecepatan jauh lebih cepat dan meningkat dari versi sebelumnya. Kecepatan USB 2.0 bisa mencapai 480 Mb/s sedangkan kecepatan yang dimiliki USB 1.0 hanya sampai 12 Mb/s.

USB 3.0
USB 3.0 ini adalah generasi ke-3 yang memiliki teknologi super cepat. Memiliki kecepatan hingga 5 Gb/s, sangat jauh lebih cepat dari versi sebelumnya. Jika Anda memindahkan data data yang berkapasitas besar mungkin hanya hitungan beberapa menit bisa selesai.

Melihat dari informasi di atas, Kami simpulkan bahwa bedanya USB 2.0 dengan USB 3.0 adalah :

  1. Kecepatan, pastinya dari segi kecepatan akan bisa kita rasakan pada saat copy data atau memindahkan data. Namun kecepatan dari tinggi dari USB 3.0 akan berfungsi jika 2 perangkat yang terhubung adalah sama menggunakan USB 3.0 (contoh: PC menggunkan USB 3.0 dan HDD External untuk copy data menggunakan USB 3.0 juga.
  2. Teknologi, di segi teknologi yang ada pada USB 3.0 memiliki (BI-DIRECTIONAL = Dapat membawa sinyal 2 arah) tidak ada pada generasi sebelumnya.
  3. Power Managemen, hanya ada di USB 3.0. hemat energi listrik dan mendukung idle, sleep & suspend.
  4. Fisik, bentuk fisik memang sama antara keduanya namun warna bantalan dari keduanya dibedakan. USB 2.0 biasa-nya bantalan berwarna hitam atau putih, sementara USB 3.0 bantalan-nya memiliki warna biru
Semoga bisa menambah wawasan kita. ^_^

Posting Komentar untuk "Apa Bedanya USB 2.0 dengan USB 3.0 ?"